Gugus Tugas Papua UGM Siap Konsisten Kawal UU Otsus

Yogyakarta – Gugus Tugas Papua UGM yang terdiri dari peneliti dan akademisi yang menyoroti permasalahan Papua melalui ketuanya Dr. Gabriel lele menjelaskan, “Salah satu masalah pokok yang perlu diselesaikan di Tanah Papua adalah kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu persoalan utama yang perlu diselesaikan di Papua”.

Lebih lanjut dijelaskan Gabriel bahwa pemerintah sudah banyak melakukan transformasi pembangunan, selain pembangunan fisik juga ada keberpihakan secara politik untuk OAP melalui penerapan UU Otsus Papua.

Bacaan Lainnya

“Seperti merevisi Undang-Undang Otonomi Khusus Papua, yaitu menambah kursi keterwakilan di DPRD provinsi/kota/kabupaten tanpa melalui Pemilu dan hak politik bagi OAP dalam Pilkada serentak 2024. Namun itu semua, seakan tenggelam oleh adanya konflik-konflik bersenjata di Papua. Ini terjadi karena ada rasa saling tidak percaya antara masyarakat Papua dengan pemerintah pusat.” jelas Gabriel.

Untuk itu, Gabriel menegaskan agar para mahasiswa tidak mudah terprovokasi dengan segala Isu Papua.

“Tetap fokus pada pendidikan sehingga apabila mendapat gelar sarjana dapat membangun Papua untuk lebih maju.” himbaunya.

Ia juga mengajak masyarakat Papua mendukung penerapan Daerah Otonomi Baru Papua (DOB Papua) serta menjaga kondusifitas menjelang Pilkada serentak 2024 diwilayah Papua.

“Terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak 2024 mendatang, saya mengharapkan agar masyarakat tetap menjaga situasi tetap aman dan damai agar dalam Pilkada serentak 2024 dapat menghasilkan pimpinan-pimpinan daerah di Papua yang berkualitas demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat Papua” tutupnya.

Pos terkait